pro dan kontra memakan makanan fast food


Makanan yang disiapkan dan disajikan dengan cepat disebut sebagai ‘fast food’. Jenis makanan seperti ini dengan sempurna menjadi bagian gaya hidup ke dalam kehidupan serba cepat dari individu yang bekerja. Namun, mereka yang menentang makanan cepat saji menyoroti efek buruk yang telah ditimbulkan pada kesehatan kita. Meskipun semua perdebatan tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki makanan cepat saji, industri ini tetap berkembang pesat.




keuntungan makanan cepat saji

 Keuntungan dari Makanan Cepat Saji Yang paling jelas keuntungan dari fast food adalah menghemat waktu. Dalam kehidupan sekarang yang serba cepat ini, tidak ada pilihan lebih baik daripada mendapatkan makanan siap saji. Tidak peduli berapa banyak koki memuji manfaat makanan segar, pada jam ketika pulang kantor, ketika seseorang pulang ke rumah dengan keadaan lelah dan lapar, pizza atau burger dapat dijadikan ide brilian untuk makan malam. Selain harus menghabiskan waktu di dapur, memasak makanan juga mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli bahan-bahan untuk hidangan. Kemudian sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan proses mencuci dan mengupas. Semua ini membuat makanan fast food lebih disukai daripada memasak makanan sendiri bagi individu yang sibuk.

Selain waktu, penghematan biaya memberikan fast food keunggulan atas makanan yang disiapkan di dapur. Jika seseorang tinggal seorang diri, maka lebih murah untuk membeli makanan di supermarket daripada memasak di rumah. Juga makanan cepat saji tertentu seperti kentang goreng dan burger harganya pun cukup murah.



Makanan cepat saji tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun, jika berhati-hati, Anda dapat menemukan beberapa pilihan pada menu dari restoran fast food yang bisa menyehatkan. Salad adalah pilihan cerdas. Pilih untuk produk roti yang terbuat dari roti gandum. Pilihlah daging tanpa lemak. Jika Anda bisa memilih antara pilihan goreng dan rebus, lebih baik pilih yang rebus. Hindari memesan minuman karbonat ketika Anda haus. Jatuhkan pilihan untuk jus buah, susu rendah lemak, diet soda. Apakah ada sesuatu yang lebih baik daripada air biasa untuk memuaskan dahaga Anda? Saat ini, informasi nutrisi dari makanan yang disajikan (dan bahan yang digunakan) ditampilkan dalam menu kartu. Anda selalu bisa beralih pada pilihan makanan cepat saji tertentu yang ditawarkan, di mana Anda bisa membatasi penggunaan bahan-bahan yang tidak sehat. Sebagai hidangan penutup tidak memainkan peran penting dalam menu makanan cepat saji, Anda dapat menahan diri dari menu hidangan manis seperti es krim yang lezat dan menggoda.

Kerugian dari Makanan Cepat Saji

Biasanya, fast food kaya akan kandungan kedelai, lemak, gula, minyak, daging goreng, garam, keju, mayones dan jelas kalori. Kerugian terbesar dari fast food adalah efek buruk yang ditimbulkan pada kesehatan seseorang. Ini adalah fakta bahwa fast food lebih tidak sehat daripada makanan rumahan, karena mengandung jumlah yang lebih tinggi nutrisi yang tidak diinginkan seperti garam, jenis lemak dan berbagai zat aditif (bahan kimia buatan). Ini mungkin mengandung bakteri berbahaya juga. Penggorengan menghancurkan sebagian besar nutrisi penting dari makanan. Jumlah yang sangat kecil sayuran dan buah-buahan biasanya hadir dalam fast food. Selain itu, ‘melayani porsi yang lebih besar’ ketika kebanyakan orang tidak perlu menambah porsi telah menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Kita memerlukan sedikit garam untuk menjaga kesehatan sel-sel dan jaringan. Makanan cepat saji yang kaya garam, berakibat buruk pada kesehatan jantung dan kesehatan secara keseluruhan dari seorang individu. Jenis makanan tersebut merupakan kontributor penting untuk masalah obesitas pada penduduk Amerika. Obesitas terus meningkat, dan kaitan langsung disebutkan merujuk antara makanan cepat saji dan obesitas pada anak-anak.

Mengingat gaya hidup yang kita jalani saat ini, kelebihan lemak dan kalori yang kita ambil dari fast food tidak digunakan sepenuhnya. Hasilnya adalah bahwa makanan ini terakumulasi dalam tubuh kita sebagai timbunan lemak yang menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan penyakit terkait lainnya dari hati. Penderita obesitas akan datang masalah penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan penyakit sendi. Hal ini seperti reaksi berantai yang dipicu oleh fast food dan ditangguhkan oleh gaya hidup kita yang tidak sehat. Bahkan, sebuah penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa orang yang tinggal berdekatan dari restoran fast food beresiko 13% lebih tinggi menderita stroke dibandingkan dengan mereka yang tinggal jarak yang cukup jauh.

Semakin besar jumlah makanan di pesan di sebuah restoran fast food, maka semakin besar adalah tagihan. Makan di gerai makanan cepat saji memang ekonomis hanya untuk satu orang saja. Pergi keluar untuk makan fast food bersama dengan keluarga sekali-sekali tidak akan menjadi masalah. Namun, sering berkunjung ke restoran cepat saji dengan keluarga besar juga dapat menjadi masalah kantong Anda, selain menjadi tidak sehat.



Makanan cepat saji juga dilihat sebagai faktor yang membuat sejumlah keluarga menghabiskan waktu semakin kurang bersama-sama. Waktu makan keluarga adalah sesuatu yang dianggap sebagai kesempatan bagi semua anggota untuk berkumpul dan berbagi pengalaman mereka. Namun, pusat fast food dengan cepat mulai menggerogoti waktu yang berkualitas ini. Hal ini khususnyabagi anak muda, sebuah gerai fast food adalah tempat yang baik dan nyaman untuk nongkrong dengan teman-teman dan rekan-rekan mereka.

Makanan cepat saji merupakan penemuan zaman modern. Makanan siap pakai yang disajikan cepat dan tepat di depan kita seperti semacam berkah setelah bekerja keras seharian. Namun, seperti segala sesuatu, ia memiliki pro dan kontra sendiri. Mengutip beberapa poin tentang keuntungan dari fast food tidak berarti bahwa saya menolak kekurangannya. Ini adalah fakta bahwa jumlah tinggi lemak dan garam dalam fast food yang meningkatkan kekhawatiran tentang efek buruk terhadap kesehatan. Namun, dengan membuat beberapa pilihan cerdas ketika memilih pesanan dan juga beralih ke gaya hidup aktif, kita pasti dapat meminimalkan kerugian dari fast food.

sumber: https://bramardianto.com/kelebihan-dan-kelemahan-fast-food.html

Comments